Minggu, 17 Juni 2012
soal ujian competitive marketing
Soal
Persaingan produk konvenien sangat memerlukan perhatian yang serius bagi perusahaan untuk memperebutkan konsumen dan pangsa pasar agar tetap eksis. Market leader dan Chalengger kompetisi pasar sangat menarik untuk dikaji terutama di bidang pemasaran tentang Produk, harga, Distribusi dan promosi (Periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan dan publisitas). Dua merek dalam satu produk yang menarik yaitu mie instant (Indomie dan Mie Sedaap). Dua merek mie instant ini telah diterimadengan baik oleh konsumen, bahkan dalam kehidupan mahasiswa di kota Malang juga tidak tidak terlepas dari sasaran pasar yang dituju. Di kalangan mahasiswa memiliki opini yang berbeda dalam menyikapi keberadaan kedua merek mie instant dengan segala kelebihan dan kekurangan. Dalam jaringan distribusi, keduanya juga luar biasa sampai kepelosok-pelosok desa, walaupun satu diantaranya lebih unggul.
Ketika mie sedaap memperoleh “market share” begitu bagus lebih dari 20% dangan “wings group” lebih berani melakukan pertempuran dengan indomi, terutama dalam hal promosi yang meliputi periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan publisitas. Bagaimana opini Saudara tentang batlee of promotion kedua merek mie instant tersebut pada masing-masing item promosi yaitu periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan publisitas, disertai dengan keterangan analisa. Stelah itu saudara buat tabel : batlle of promotion mie instant
Ringkasan
Market leader dan Chalengger kompetisi pasar sangat menarik untuk dikaji terutama di bidang pemasaran tentang Produk, harga, Distribusi dan promosi (Periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan dan publisitas). Dua merek mie instant ini telah diterima dengan baik oleh konsumen, bahkan dalam kehidupan mahasiswa di kota Malang juga tidak tidak terlepas dari sasaran pasar yang dituju. Dalam jaringan distribusi, keduanya juga luar biasa sampai kepelosok-pelosok desa, walaupun satu diantaranya lebih unggul. Ketika mie sedaap memperoleh “market share” begitu bagus lebih dari 20% dangan “wings group” lebih berani melakukan pertempuran dengan indomi, terutama dalam hal promosi yang meliputi periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan publisitas.
Pertanyaan
1. Bagaimana strategi yang dilakukan mie sedaap untuk merebut pangsa pasar indomie ?
2. Hal-hal apa saja yang menyebabkan mie sedaap mencapai keberhasilannya ?
Jawaban
1. Strategi awal Mie Sedap, antara lain bermain di harga pasaran yang sangat ekonomis namun bumbu mi yang diberikan kelas premium. Diberlakukan pula strategi klasik dengan memberi hadiah berupa piring dan gelas. Hal utama lain yang tidak boleh diabaikan adalah distribusi. Meski masih berkutat di Jawa dan Bali, namun pendistribusian produk diusahakan merata dari tingkat grosir sampai tim motor yang menjelajahi warung-warung kecil. Strategi itu didukung iklan yang cukup gencar, baik tematik, iklan produk, maupun versi testimoni. Ada satu hal yang belum pernah dilakukan oleh kompetitor. Misalnya, menyuruh orang sebanyak-banyaknya mencoba Mie Sedap yang dilakukan di mal, tempat wisata, kampus secara gratis. Dengan cara itu, Mie Sedaap bisa memperoleh umpan balik langsung berupa kritik, saran, dan pujian.
2. Keberhasilan Mie Sedaap disebabkan kebijakan promosi yang tepat mengenai sasaran. Mie Sedaap dengan gencar melakukan kegiatan beriklan di berbagai macam media. Metode iklan yang dilakukan pun sedikit lain dengan yang biasa dilakukan Indomie, dengan pendekatan iklan testimonial. Berkat kebijakan promosi yang sangat gencar ini, dalam sekejap nama Mie Sedaap mampu mencuat ke permukaan dan makin dikenal oleh khalayak konsumennya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar